Review US-Movie: Marriage Story (2019)

Sumber: Dokumen pribadi


  • Judul: Marriage Story
  • Sutradara: Noah Baumbach
  • Genre: Drama, Keluarga, Slice of life
  • Tahun Rilis: 2019
  • Pemain: Scarlett Johansson, Adam Driver, Laura Dern, Alan Alda, Ray Liotta, Azhy Robertson, Julie Hagerty, Merritt Wever

Jika kalian memutuskan untuk menonton Marriage Story setelah melihat posternya, mungkin kalian akan terkejut dengan isi cerita dalam film bergenre drama keluarga ini. Namun, bukan berarti Marriage Story menjadi tidak menarik lagi untuk disimak.

Film yang dibintangi Scarlett Johansson dan Adam Driver menceritakan tentang pasang surut proses perceraian yang harus dilalui Nicole Ryder dan Charlie Barber yang pada awalnya tidak melibatkan pengacara dan proses sidang di pengadilan. Tentu saja hal tersebut dilakukan atas kesepakatan bersama.

Sejak proses perpisahan ini pula, hubungan Nicole dan Charlie terasa semakin berjarak. Meski ada keinginan dari Nicole agar mereka tetap berteman setelah proses perceraian selesai. Namun, semenjak Nicole memutuskan pulang ke rumah ibunya di Los Angeles dengan membawa serta putra mereka, hubungan pasangan suami istri ini terasa semakin menjauh.

Suatu hari, ketika Charlie mengumumkan bahwa ia telah berhasil memenangkan hibah MacArthur, Charlie dikejutkan dengan surat gugatan cerai dari Nicole. Jelas hal tersebut membuat Charlie begitu kecewa karena ini di luar kesepakatan mereka dan ia pun tidak ingin diceraikan. Mau tak mau, Charlie harus segera mencari pengacara selama dirinya berada di Los Angeles. Mengingat pernikahan mereka berdua dilaksanakan di kota itu, apalagi putra mereka juga dilahirkan di sana.

Film yang mengalun sepanjang 137 menit ini mungkin memang memiliki alur yang begitu lambat, tapi model alur cerita seperti ini sama sekali tidak mengganggu kenyamanan menonton. Malahan berhasil membuat--aku, salah satunya--betah menyaksikan kisah pasangan Nicole-Charlie yang mengalami pasang surut dan rumitnya drama perceraian hingga menit terakhir.

Sepanjang cerita berjalan, banyak momen yang tentunya tak boleh terlewatkan. Karena kelewat sedikit saja, mungkin kita tidak akan paham dengan maksudnya. Seperti sejumlah perumpamaan yang ditampilkan melalui dialog-dialog yang diucapkan sebagian tokoh dalam film rilisan tahun 2019 ini.

Selain itu, akting yang sangat meyakinkan juga chemistry yang terjalin di antara para pemainnya turut menambah nilai Marriage Story. Tidak heran bila film asal Amerika Serikat ini diganjar banyak penghargaan dari dalam negeri maupun luar negeri, termasuk Academy Awards dan Golden Globe Awards pada tahun 2020. Brilian.

Lewat Marriage Story, sangat penting untuk belajar kompromi dengan orang terdekat serta menurunkan ego kita. Kadang ada hal yang mau tak mau kita korbankan, terutama demi kebahagiaan anggota keluarga kita. Setidaknya kita dengarkan dulu apa yang menjadi keinginan mereka. Baru kita sepakati bersama. Dan itulah fungsi keluarga.

Sedangkan dari kisah Nicole sendiri, kita diajarkan untuk mengenali calon pasangan kita dengan lebih dalam. Mengenali baik dan buruknya mereka. Sebelum membuat keputusan terbesar di dalam hidup kita yaitu terikat tali perkawinan demikian juga komitmen terhadap keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melalui Still Alice, Kita Diajarkan untuk...

Review C-Movie: Lost and Love (2015)

Malas